Semat Datang Di Blog Kami. untuk kritik dan saran anda bisa berkomentar di kotak komentar yang tersedia atau di buku tamu. terima kasih atas kunjungannya.

widgets

Saturday, August 16, 2014

NASIKH MANSUKH

A.    Latar Belakang
Ajaran agam langit (al-syariah al-samawiyyah) diturunkan Allah SWT, kepada para utusan-Nya  bertujuan untuk memberikan kemaslahatan bagi umat manusia dalam bidang-bidang akidah, ibadah, dan muamalah (hubungan kemasyarakatan). Oleh karena akidah dari semua ajaran yang ditutunkan Allah SWT, kepada para rasul-Nya hanya satu, yakni penuhanan dan penyembahan kepada tuhan yang satu (tauhid al-uluhiyyah wa al-rubiyyah), maka dalam bidang akidah ini konsep tersebut selamanya tidak berubah sejak rasul pertama hingga rasul yang terakhir. Allah SWT, menegaskan dalam masalah ini dengan firman-Nya.


وماارسلنا من قبلك من رسول الأ نوحى اليه انه,لا اله الا انا فاعبدون

Dan kami tidak mengutus seorang Rasulpun sebelum kamu melainkan kami wahyukan kepadanya: “ Bahwasannya tidak ada Tuhan (yang berhak) melainkann Aku, maka sembahlah aku , maka sembahlah olehmu sekalian akan aku”. (QS. al-Anbiyya’ [21]:25).
    Mengenai bidang ibadah dan mu’amalah maka prinsip dasar umumnya sama, yaitu bertujuan membersihkan jiwa dan persaudaraan. Walaupun demikian , tuntutan kebutuhan setiap umat terkadang berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu wajar jika Allah menghapus suatu tasryri’ dengan tasri’  lain untuk menjaga kepentingan para hamba berdasarkan pengerahuan-Nya yang azali tentang yang pertama dan yang kemudian.
Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian nasikh dan mansukh?
2.    Apa perbedaan Nasikh, Takhsish, Bada’?
3.    Apa saja dasar-dasar penetapan nasikh dan mansukh?
4.    Ada berapa pembagian dan macam-macan nasikh dan mansukh?







Download The File Here in Word 2013 Form

0 comments:

Post a Comment

Also Read